Selamat Datang... Blog ini menjadi saksi, bahwa kita pernah jumpa dalam dunia maya :)

Pagani Huayra

 

        Pagani Huayra Roadster

Pagani Huayra adalah mobil sport bermesin tengah yang diproduksi oleh produsen mobil sport Italia Pagani , menggantikan penawaran perusahaan sebelumnya, Zonda . Namanya diambil dari Wayra Tata , dewa angin Quechua (penduduk asli Amerika Selatan). Huayra dinobatkan sebagai "The Hypercar of the Year 2012" oleh majalah Top Gear . Pada 11 Februari 2015 dikabarkan Pagani Huayra telah terjual habis. Huayra dibatasi hanya 100 unit sebagai bagian dari perjanjian Pagani dengan pemasok mesin Mercedes-AMG.

Pagani Huayra secara resmi memulai debutnya secara online dengan beberapa gambar dalam siaran pers pada 25 Januari 2011. Debut dunia resmi dilakukan di markas besar Pirelli di Milan pada bulan Februari 2011.

• Spesifikasi

Huayra memiliki kecepatan tertinggi sekitar 383 km/jam (238 mph) dan memiliki waktu akselerasi 0-97 km/jam (60 mph) dalam 2,8 detik. Menggunakan ban Pirelli , Pagani Huayra mampu akselerasi lateral 1,66 g.

Pagani Huayra menggunakan girboks sekuensial tujuh percepatan dan kopling cakram tunggal. Pilihan untuk tidak menggunakan kopling ganda disebabkan oleh peningkatan bobot lebih dari 70 kg (154 lb), sehingga meniadakan keuntungan dari pergantian gigi yang lebih cepat dalam transmisi kopling ganda. Hasilnya, transmisinya berbobot 96 kg (212 lb). 

Mobil ini dilengkapi kaliper rem Brembo , rotor dan bantalan. Kalipernya memiliki empat piston di depan dan empat di belakang. Rotornya terbuat dari keramik karbon yang dibor, dengan diameter 380 mm (15,0 in) dan tebal 34 mm (1,3 in). [11]

Huayra menggunakan mesin 6,0 L (5.980 cc) twin-turbocharged M158 60° V12 yang dikembangkan oleh Mercedes-AMG khusus untuk Huayra, yang memiliki keluaran tenaga sebesar 740 PS (544 kW; 730 hp) pada 5.800 rpm dan 1.000 N⋅ m (738 lbf⋅ft) torsi pada 2.250-4.500 rpm. Mesin telah dirancang atas permintaan Pagani untuk mengurangi turbo lag dan meningkatkan respons, dicapai dengan turbocharger yang lebih kecil, konfigurasi intercooler yang berbeda, dan pengaturan ECU yang diprogram ulang.

Seperti kebanyakan mobil berperforma tinggi, Huayra menggunakan pelumasan bak kering. Hal ini memiliki beberapa manfaat utama termasuk menjamin aliran oli bahkan ketika mobil mengalami akselerasi lateral yang ekstrim, mencegah "lonjakan oli" yang memungkinkan mesin beroperasi lebih efisien sementara kurangnya wadah oli memungkinkan pemasangan mesin lebih rendah, menurunkan bagian tengah mobil. gravitasi dan meningkatkan penanganan. Konsumsi bahan bakar Huayra adalah 10 mpg ‑US (23,5 L/100 km; 12,0 mpg ‑imp ) di kota dan 14 mpg ‑US (16,8 L/100 km; 16,8 mpg ‑imp ) di jalan raya ( pengujian EPA ).

Penukar panas air/minyak mengurangi waktu pemanasan mesin pada hari-hari dingin dan membantu menjaga suhu stabil untuk zat pendingin dan pelumas.

Untuk meminimalkan penggunaan pipa dan fitting (dan bobot keseluruhan kendaraan), tangki ekspansi dipasang langsung pada mesin. Sirip intercooler bertindak sebagai sirkuit tangki ekspansi pada suhu rendah.

Sistem pembuangan titanium dirancang dan dibangun oleh MHG-Fahrzeugtechnik. Sambungan hidroform dikembangkan untuk mengurangi tekanan balik dan memastikan aliran bebas gas buang. Titanium mengurangi bobot sistem pembuangan sementara peredam Inconel meningkatkan keandalan di bagian knalpot yang paling terbuka pada suhu tinggi. Seluruh sistem berbobot kurang dari 10 kg (22 lb).

Aerodinamika 

Pagani Huayra berbeda dari pendahulunya karena menggabungkan aerodinamis aktif. Ia mampu mengubah ketinggian bagian depan dari tanah dan secara mandiri mengoperasikan empat penutup yang ditempatkan di bagian belakang dan depan mobil. Perilaku flap diatur oleh unit kontrol khusus yang menerima informasi dari sistem seperti ABS dan ECU , yang meneruskan informasi tentang kecepatan mobil, laju yaw, akselerasi lateral, sudut kemudi, dan posisi throttle. Hal ini dimaksudkan untuk mencapai koefisien drag minimal atau downforce maksimum tergantung situasi. Perancang Huayra Horacio Pagani menyatakan bahwa ia memiliki koefisien hambatan variabel antara 0,31 dan 0,37. Sistem ini juga mencegah body roll berlebih di tikungan dengan menaikkan penutup "dalam" (yaitu penutup kiri di sudut kiri dan sebaliknya), sehingga meningkatkan gaya tekan ke bawah pada sisi mobil tersebut. Flap belakang juga berfungsi sebagai rem udara. Saat pengereman keras, suspensi depan dan dua penutup belakang dinaikkan untuk mencegah perpindahan beban ke roda depan dan menjaga kestabilan seluruh mobil, misalnya saat memasuki tikungan. [12] Udara dari radiator diekstraksi melalui lengkungan di kap mesin dengan sudut yang dirancang untuk tidak mempengaruhi garis aliran di sekitar bodi. Saluran masuk udara samping di belakang roda depan menciptakan zona tekanan rendah, sehingga menghasilkan gaya tekan ke bawah.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Labels

Categories

Sparepart Gallardo

No Barang.   Stock Harga Satuan  Jumlah ( Rp. ) 1       Velg                ...

Label

Bugatti Chiron

Bugatti Chiron
Super Cars 1479 HP